Pengertian Shalat Tarawih Di Bulan Ramadhan

Shalat Tarawih telah disebutkan oleh para ulama dan sepakat sepakat bahwa shalat tarawih hukumnya adalah sunnah (dianjurkan). Bahkan menurut ulama Hanafiyah, Hanabilah, dan Malikiyyah, hukum shalat tarawih adalah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan). Shalat ini dianjurkan bagi laki-laki dan perempuan. Shalat tarawih merupakan salah satu syi’ar Islam.

Shalat Tarawih

Shalat Tarawih

Lalu apa saja keutamaan sholat trawih bagi kita sendiri? banyak sekali manfaat yang kita terima jika menjalankan sholat trawih, berikut ini keutamaan shalat tarawih :

1. Shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat.
Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena shalat seperti ini hampir serupa dengan shalat fardhu. Kemudian shalat yang lebih utama lagi adalah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya).

2. Akan mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

3. Shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh. Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Sebenarnya masih banyak lagi pengertian Shalat Tarawih dan manfaat nya, tapi mungkin lain waktu akan saya kembali berikan artikel nya, karena jika di terangkan langsung disini saya kira terlalu banyak nanti sobat sendiri akan bingung untuk memahami nya.

Demikian untuk artikel atau pengertian tentang Shalat Tarawih Di Bulan Ramadhan kali ini yang saya kutip artikel nya dari beberapa sumber, semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua yang sedan mencarinya
Share article :

{ 0 komentar... add one }

Posting Komentar